Lantik Sekda Bustomi Hamzah jadi Pj Gubernur Aceh, Ini Arahan Mendagri

Mendagri Tito Karnavian melantik Bustomi Hamzah sebagai Pj Gubernur Aceh di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Rabu (13/3/2024).(Foto: Kemendagri)
120x600
a

JAKARTA Otonominews.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Bustami Hamzah resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Aceh. Bustami dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 39/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Aceh.

Bustami menggantikan Pj. Gubernur Aceh sebelumnya, Achmad Marzuki. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Mengawali arahannya, Mendagri Tito menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak atas penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) yang berjalan lancar di Provinsi Aceh.

Mendagri meminta Pj. Gubernur untuk mengawal tahapan penghitungan suara secara manual agar berjalan lancar, mengingat saat ini proses pasca-pemungutan suara masih berlangsung,

Tak hanya itu, Mendagri juga meminta Pj. Gubernur yang baru dilantik untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar serentak pada akhir tahun mendatang.
Ia mengingatkan bahwa banyak aspek yang perlu mendapat atensi dari Bustami agar pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat lokal tersebut dapat berjalan lancar.

“Oleh karena itulah dalam kesempatan yang baik ini, saya mohon dengan segala hormat kepada Pak Bustami tolong jalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan Aceh,“ ujar Mendagri, dikutip dari laman resmi Kemendagri, Rabu 13 Maret 2024.

Selain itu, Mendagri juga mengingatkan Bustami untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Provinsi Aceh. Hal ini mengingat Provinsi Aceh bersama Provinsi Sumatera Utara telah terpilih sebagai tuan rumah kegiatan olahraga nasional tersebut.

“Tugas yang penting yaitu untuk merealisasikan PON terlaksana di Aceh, karena Pekan Olahraga Nasional ini Aceh diberikan kepercayaan bersama-sama dengan Sumatera Utara untuk menjadi penyelenggara di bulan September tahun 2024,” ujar Mendagri.

Lihat Juga :  Hadapi Kenaikan Harga, Mendagri Minta Daerah Sigap Gerakan Pangan Murah

Dirinya meminta agar PON bukan hanya sebatas terlaksana, tapi juga mampu menumbuhkan kebanggaan bagi warga Aceh.

“Karena itu, Kemendagri dan kementerian serta lembaga terkait siap membantu agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” tutup Mendagri.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *