Pemprov DKI Jakarta Siapkan Program Mudik Gratis untuk Tujuan 19 Kota/Kabupaten di 6 Provinsi

Ilustrasi Program Mudik Gratis Lebaran.(Foto: Istimewa)
120x600
a

JAKARTA Otonominews.id – Tak kurang dari 19 kota/kabupaten di enam provinsi bakal menjadi tujuan mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk menyambut Hari Raya Iuul Fitri 1445 H atau tahun ini.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta tahun ini kembali mengadakan program mudik gratis untuk masyarakat, yang mulai dilaksanakan pada 4 April 2024 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, untuk mudi gratis itu, pihaknya menyediakan armada bus sebanyak 259 unit bus pengangkut penumpang akan diberangkatkan saat arus mudik. Kemudian sebanyak 210 bus saat arus balik.

Selanjutnya, Pemprov DKI juga menyediakan 13 unit truk pengangkut kendaraan bermotor pemudik akan diberangkatkan saat arus mudik dan 10 unit truk saat arus balik.

‚ÄúTerdapat 19 kota atau kabupaten tujuan mudik yang tersebar di enam provinsi. Saat ini Dishub DKI Jakarta sedang memilih penyedia jasa transportasi,” ujar Syafrin, dikutip dari Berita Jakarta, Rabu (13/3).

Syafrin menjelaskan, pihaknya memprediksi ada 18.000 lebih warga akan memanfaatkan program mudik gratis ini. Banyaknya masyarakat yang mengikuti program mudik gratis ini, kata dia, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan volume kendaraan pribadi di jalanan.

“Selain berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, selama arus mudik, potensi kecelakaan lalu lintas juga berkurang sehingga pemudik bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat,” harapnya.

Berikut daftar rencana kota/kabupaten tujuan mudik gratis pada Lebaran 2024:

Lampung

– Kota Bandar Lampung

Sumatera Selatan

– Kota Palembang

Jawa Barat

– Tasikmalaya

– Kuningan

Jawa Tengah

– Kota Tegal

– Kota Pekalongan

– Kota Semarang

– Kabupaten Kebumen

– Kabupaten Cilacap

– Kota Purwokerto

– Kota Solo

Lihat Juga :  Pergerakan Pemuda Sumatera Selatan Berangkatkan Warga dan Mahasiswa Pulang Kampung

– Kabupaten Wonogiri

– Kabupaten Wonosobo

– Kabupaten Sragen

DI Yogyakarta

– Kota Yogyakarta

Jawa Timur

– Kota Madiun

– Kota Kediri

– Kabupaten Jombang

– Kota Malang.[dmn]

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *