Mentan Amran: Maksimalkan Teknologi Modernisasi Pertanian Percepat Merauke Jadi Lumbung Pangan

Mentan Andi Amran Sulaiman saat meninjau lokasi lahan dan tanam di Kp. Nggutibob Distrik Tanah Miring Kab. Merauke, Papua Selatan, Rabu 29 Mei 2024.(Foto: Kementan)
120x600
a

MERAUKE Otonominews.id – Bantuan alat mesin pertanian atau alsintan ke Merauke Provinsi Papua Selatan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) tujuannya untuk meningkatkan produksi dan perluasan areal tanam (PAT), sehingga pengembangan Merauke sebagai lumbung pangan khususnya padi berjalan maksimal.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat meninjau lokasi lahan dan tanam di Kp. Nggutibob Distrik Tanah Miring Kab. Merauke, Papua Selatan.

Mentan Amran mengaku optimis modernisasi pertanian akan mempercepat pengembangan Merauke sebagai Lumbung Pangan Kawasan Timur Indonesia.

Sebelumnya, pada pertengahan Mei lalu, Mentan Amran diketahui telah mengirim 261 unit alat mesin pertanian (Alsintan) dari Surabaya ke Marauke menggunakan KRI Soeharso.

Amran menjelaskan, untuk tahap awal, ada 40.000 hektar lahan di Kabupaten Merauke yang siap dioptimasi, angka ini akan terus dikembangkan hingga 1.000.000 hektar.

“Yang terpenting kita fokus menyelesaikan dulu 40.000 hektar, setelah itu berlanjut untuk program ini hingga 1.000.000 hektar, kita selesaikan dulu 40.000 hektar untuk tahap pertama” rinci Mentan Amran dikutip dari laman resmi Kementan, Rabu 29 Mei 2024.

Didampingi Penasihat Khusus Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin, Mentan Amran menekankan pengembangan lahan pertanian di Merauke ini, akan dibangun secara maksimal melalui konsep modernisasi pertanian.

r
Lihat Juga :  Semangat Juang untuk Maju Josef Blasius Bapa Patut Jadi Teladan Generasi Muda