Mentan Amran Lepas Ekspor Perdana 50 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana jagung Gorontalo di Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (29/5/2024).(Foto: Kementan)
120x600
a

GORONTALO Otonominews.id – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana komoditas jagung ke Filipina sebanyak 50,000 ton di Provinsi Gorontalo, Rabu, 29 Mei 2024.

Selain itu, Mentan juga mengirim jagung untuk pasar domestik di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam meningkatkan volume ekspor dan juga meningkatkan produktivitas jagung di Provinsi Gorontalo.

“Ini luar biasa karena 5 bulan lalu kita impor 250 ribu ton, tetapi hari ini kita mengekspor ke Filipina 50.000 ton. Ini adalah kebangkitan kita di sektor pangan khususnya jagung dan bahkan mereka telah mengirim ke beberapa daerah sebanyak 264 ribu ton,” kata Mentan Amran, dikutip dari laman resmi Kementan, Kamis 30 Mei 2024.

Mentan menargetkan Provinsi Gorontalo menjadi percontohan keberhasilan daerah dalam meningkatkan produksi secara cepat. Dia menargetkan tahun depan Gorontalo mampu mencapai produksi di atas 2 juta ton dari produksi saat ini yang hanya 1,5 juta ton.

“Oleh karena itu kami beri bantuan benih 100 ribu hektare untuk Provinsi Gorontalo. Insyaallah tahun depan Gorontalo mencapai target di atas 2 juta ton. Aku yakin pasti bisa karena orang gorontalo sangat hebat. Saya juga mengapresiasi Gorontalo yang telah membuka wajah kita di mata internasional dari impor ke ekspor,” jelasnya.

Pada kesempatam itu. dalam arahannya Amran menyampaikan, disaat panen raya komoditas jagung ini, para pengusaha maupun pemerintah daerah diharapkan tetap melakukan pendampingan terhadap petani.

Selain itu, kata Mentan, agar harga jagung di tingkat petani dapat terjaga dengan baik, Badan Urusan Logistik (Bulog) agar segera melakukan penyerapan dengan HPP di atas 5 ribu.

r
Lihat Juga :  Bupati Nelson: Cetak Investasi 600 Miliar, World Coconut Day 2023 di Gorontalo Sukses Digelar