HUT ke-35, FIFGroup Salurkan Rp 3,5 Miliar Dana Bergulir Tanpa Bunga Bagi 800 UMKM

Kick Off program bantuan dana bergulir tanpa bunga sebesar Rp 3,5 miliar dari FIFGroup/Humas FIFGroup
120x600
a

JAKARTA, OTONOMINEWS.ID – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran dan kontribusi besar terhadap ekonomi Indonesia. Namun sayangnya, sebagian besar dari UMKM masih mengalami berbagai tantangan, seperti kesulitan naik kelas, minim akses digitalisasi, sulit menembus pasar global, hingga kekurangan layanan finansial.

Karena pertimbangan tersebut, FIFGroup melalui CSR FIFGroup menyalurkan dana bergulir senilai Rp 3,5 miliar tanpa bunga bagi 800 pelaku UMKM di tahun 2024 ini. Penyaluran tersebut dirangkai dengan perayaan ulang tahun FIFGROUP yang ke-35 tahun.

Selain penyaluran dana bergulir tanpa bunga, di program FIFGroup ini terdapat juga pembinaan dan pengembangan lewat kolaborasi bersama Astra, yayasan yang berada di naungan Grup Astra, yayasan non Astra, serta pemerintah daerah.

Peresmian peluncuran program FIFGroup ini ditandai lewat kegiatan Kick Off bertajuk “UMKM Tangguh, Ekonomi Tumbuh” pada Kamis, 6 Juni 2024 yang digelar secara hybrid di Menara FIF, Jakarta Selatan yang diikuti seluruh pelaku UMKM binaan di seluruh Indonesia.

Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah dan Direktur FIFGroup, Esther Sri Harjati.

“Kegiatan ini untuk mendukung Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) poin ke-8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” kata Esther Sri Harjati.

“FIFGROUP, sejak 2016 hingga hari ini, berupaya untuk terus membantu para pelaku usaha UMKM melalui program dana bergulir dan berbagai pelatihan serta pembinaan untuk mendorong seluruh UMKM Binaan dapat berkembang dan naik kelas,” tambahnya

Pada program ini, ungkap Esther, dalam kolaborasinya FIFGROUP memberdayakan para pelaku UMKM lewat pengembangan dan pembinaan UMKM. Caranya adalah menyelanggarakan pelatihan dan pendampingan langsung kepada UMKM.

Lihat Juga :  Ketua Pemperda DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Dukung Konversi Bank Nagari Jadi Bank Nagari Syariah

Selain itu, FIFGROUP juga membuat E-Catalog yang berisi profile usaha UMKM Binaan, sehingga bisa membantu penjualan secara online baik untuk internal maupun eksternal.

Adapun Riza dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada FIFGroup yang telah berinisiatif mengajak yayasan Grup Astra untuk berkolaborasi memajukan dan mengembangkan UMKM binaan di lingkungan Grup Astra melalui pembinaan dan pengembangan UMKM.

Pembinaan dan pengembangan UMKM tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tiga hal besar yang berbasis supply chain, kawasan dan komunitas dengan penekanan pada keberlanjutan untuk mengoptimalkan dampak dan manfaat bagi masyarakat.

“Semoga kegiatan seperti ini terus dapat dilaksanakan demi memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Riza

ESR Division Head Astra, Diah Suran Febrianti dalam motivation speech-nya menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh FIFGROUP merupakan implementasi program Sustainability Astra yang diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Ribuan UMKM binaan Grup Astra dan jutaan masyarakat sudah merasakan dampak dari setiap program Astra dan menjadi bukti nyata kontribusi Astra bagi Indonesia,” tambah Diah.

Ketua Pengurus Dharma Bhakti Astra, Rahmat Samulo mengungkapkan bahwa dia bahagia dan bersyukur atas terselenggaranya kolaborasi dalam pengembangan dan pembinaan UMKM hari ini.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat mewujudkan cita-cita para pelaku UMKM supaya bisa naik kelas dan menjadi UMKM yang lebih maju dan sehat,” katanya.

Sedangkan Ketua Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim, Gunawan Salim menyampaikan supaya para pelaku UMKM dapat menjadi generasi yang mandiri, penuh semangat, dan dapat menjadi UMKM yang sukses di daerah masing-masing.

Ketua Yayasan Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin dalam speechnya juga mengatakan :

r