Surakarta Dianugerahi Penghargaan Kota Toleransi Terbaik di Indonesia

Surakarta Dianugerahi Penghargaan Kota Toleransi Terbaik di Indonesia
120x600
a

SURAKARTA.OTONOMINEWS.ID – Visions of Peace Initiative (VOPI), lembaga internasional yang meraih Nominasi Nobel Peace Prize, telah menetapkan Surakarta sebagai Kota Toleransi Terbaik di Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas upaya Kota Surakarta dalam mempromosikan perdamaian, keberagaman, dan toleransi di antara warganya.

Dalam pernyataannya kepada wartawan pada Kamis (6/6/2024), Princess Natasha Dematra, Direktur Eksekutif Visions of Peace Initiative Indonesia (VOPI), menyatakan bahwa Surakarta dipilih setelah tim survei dari Amerika Serikat dan Indonesia melakukan penelitian di berbagai sekolah dan masyarakat Surakarta. Hasil survei yang diverifikasi oleh tim dari Amerika Serikat pada tanggal 25 Mei hingga 2 Juni menegaskan bahwa Surakarta layak mendapatkan penghargaan ini.

VOPI mengundang Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, untuk menerima penghargaan ini secara langsung pada acara Gala Lunch yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juli 2024 di Surakarta. Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri dari Amerika Serikat.

Selain trophy dan sertifikat, Surakarta juga akan menerima dana sosialisasi sebesar 100 juta rupiah dari VOPI. Dana tersebut akan digunakan untuk menyebarkan nilai-nilai toleransi di 20 sekolah di Kota Surakarta.

Sejak berdirinya, Visions of Peace Initiative telah berkomitmen untuk memotivasi generasi muda Indonesia untuk menggunakan bakat seni mereka dalam menyebarkan ide perdamaian dan toleransi. Lebih dari 200 event dan program telah diadakan oleh VOPI, melibatkan sekolah, panti asuhan, dan organisasi keagamaan dari berbagai agama dan etnis.

Princess Natasha menekankan bahwa penghargaan ini juga merupakan pengakuan atas keberhasilan program Visions of Peace Initiative, yang telah meraih nominasi Hadiah Nobel Peace Prize.

Gibran Rakabuming Raka, selaku Wali Kota Surakarta, telah aktif dalam membangun kehidupan yang harmonis antarumat beragama, etnis, dan budaya. Kepemimpinannya dalam mempromosikan toleransi dan kerukunan di Kota Surakarta telah menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia Dianugerahi Penghargaan Kota Toleransi Terbaik di Indonesia oleh VOPI, Lembaga Internasional yang Raih Nominasi Nobel Peace Prize

r
Lihat Juga :  Nyanyian Solo Bukan Gibran Berkumandang Saat Hajatan Rakyat Solo