Klub Malam, Spa, Rumah Pijat Wajib Tutup Selama Ramadan, Pemprov DKI Jakarta Awasi Ketat

Ilustrasi klub malam tutup selama Ramadan.(Foto: Istimewa)
120x600
a

JAKARTA Otonominews.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas operasional tempat hiburan malam selama bulan Ramadan 1445 Hijriyah.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata pada bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. SE tersebut diterbitkan pada 28 Februari 2024.

Di Jakarta Timur, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur mengawasi tempat-tempat hiburan malam di wilayah tersebut agar mematuhi jam operasional selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Satpol PP Jaktim Budhy Novian mengungkapkan, pengawasan, pengendalian dan penertiban (wasdaltib) tempat hiburan malam ini berdasarkan Pergub Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.

Budhy menjelaskan, pengawasan terhadap tempat-tempat hiburan malam itu juga merupakan operasi terpusat dari Satpol PP DKI Jakarta.

“Pengawasannya dibagi 5 tim sesuai jumlah kota. Jadi pengawasan dilakukan dengan mengawasi langsung tempat usaha hiburan malam,” kata Budhy, dikutip dari Antara, Rabu (13/3/2024)

Untuk diketahui, Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata pada bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, menyebutkan bahwa ada beberapa tempat usaha pariwisata tertentu wajib tutup selama Ramadhan.

Tempat Usaha itu adalah klub malam, diskotek, mandi uap atau spa, rumah pijat, bar, dan arena permainan ketangkasan manual, mekanik atau elektronik untuk orang dewasa.

Sedangkan bagi tempat hiburan malam yang menyatu atau berada di area hotel bintang empat dan bintang lima serta kawasan komersial, tidak berdekatan dengan pemukiman warga, rumah ibadah, sekolah dan/atau rumah sakit, kata Budhy, jam operasionalnya dibatasi.

Jam operasional klub malam mulai pukul 20.30 hingga pukul 01.30 WIB, diskotek mulai pukul 20.30 hingga pukul 01.30 WIB, mandi uap mulai pukul 11.00 hingga pukul 23.00 WIB dan rumah pijat mulai pukul 11.00 hingga pukul 23.00 WIB,” terangnya.

Lihat Juga :  Transjakarta Perbolehkan Makan dan Minum 10 Menit Saat Buka Puasa

Kemudian untuk arena permainan ketangkasan manual, mekanik dan/atau elektronik untuk orang dewasa mulai pukul 11.00 hingga pukul 01.30 WIB dan bar atau rumah minum yang berdiri sendiri mulai pukul 11.00 hingga pukul 01.00 WIB.

Begitu pun usaha karaoke eksekutif dapat menyelenggarakan kegiatan pada Ramadan mulai pukul 20.30 hingga pukul 01.30 WIB dan untuk usaha karaoke keluarga dapat menyelenggarakan kegiatan mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *