Rapat dengan DPR, Mendagri Tito Tegaskan Gubernur DK Jakarta Tetap Dipilih Oleh Rakyat

Mndagri Tito Karnavian/tribun
120x600
a

JAKARTA, Otonominews.id – Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) tetap dipilih oleh rakyat, bukan lewat penunjukan langsung oleh Presiden seperti yang selama ini diisukan.

Hal tersebut disampaikan Tito dalam rapat bersama Badan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR) yang membahas RUU tentang Daerah Khusus Jakarta, Rabu (13/3/2023).

Dalam rapat dipimpin langsung oleh Ketua Baleg Supratman Andi Atgas tersebut Tito menegaskan bahwa isu yang menyatakan bahwa Gubernur DK Jakarta akan ditunjuk Presiden adalah hoaks.

“Pertama isu paling krusial yang kami kira menjadi polemik di publik tentang isu pemilihan gubernur dan wakil gubenur Daerah Khusus Jakarta,” katanya seperti dikutip dari detik.com, Rabu (13/3/2024).

“Sikap Pemerintah tegas tetap pada posisi dipilih (oleh rakyat) atau tidak berubah sesuai dengan yang dilaksanakan saat ini,” tambah Tito dalam rapat tersebut.

Tito mengatakan jika gubernur DKI nantinya tak ditunjuk oleh presiden. Ia mengatakan sejak awal pemerintah konsisten terhadap hal itu.

“Bukan ditunjuk, sekali lagi. Karena dari awal draft kami pemerintah sikapnya dan draftnya isinya sama dipilih bukan ditunjuk,” ungkapnya.

Adapun hari ini Baleg DPR akan melakukan rapat kerja bersama pemerintah membahas RUU DKJ. Dia menargetkan RUU ini dapat dirampungkan dalam kurun 10 hari.[***]

r
Lihat Juga :  Habib Syakur Sanggah WALHI terkait Perusakan Ekosistem di Rempang: Jangan Subjektif!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *