Tampilkan Kesenian Sinoman Hadrah, Pasar Wadai Ramadan 1445 H Dibuka Besok

120x600
a

BANJARMASIN, otonominews.id – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, menyatakan bahwa stand Pasar Wadai Ramadan 1445 H akan disediakan secara gratis bagi pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

“Pasar Wadai Ramadan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi warga Banua dan para pelaku UMKM, terutama di Banjarmasin,” ujar Gubernur H. Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, dalam keterangannya, dikutip Senin (12/3).

Lebih lanjut, Paman Birin menjelaskan bahwa Pasar Wadai Ramadan bukan hanya merupakan tradisi setiap bulan puasa, tetapi juga menjadi tempat bagi warga Banua yang merantau untuk menikmati makanan khas Banjar saat kembali ke kampung halaman.

Paman Birin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan stand Pasar Wadai Ramadan 1445 Hijriah di Halaman Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin.

Stand Pasar Wadai ini akan resmi dibuka mulai Selasa, 12 Maret, hingga 5 April 2024. Proses pembuatan stand yang terbuat dari kayu dan beratap daun rumbia telah berlangsung selama beberapa hari terakhir.

Selain persiapan stand, pembangunan gapura Pasar Wadai juga hampir selesai. Diperkirakan sekitar 100 stand akan disiapkan untuk pedagang UMKM dan wirausaha lainnya.

Acara Pasar Wadai ini juga akan diramaikan dengan berbagai hiburan musik religi dan lainnya. Selain jajanan kuliner kue khas Banjar, Pasar Wadai juga menyediakan kebutuhan pokok lainnya seperti ikan dan sayur-sayuran.

Selain masyarakat umum dan UMKM, beberapa SKPD lingkup Pemprov Kalsel juga akan berpartisipasi dalam mengisi stand yang tersedia.

Dalam beberapa tahun terakhir, penyediaan tempat berjualan selama bulan Ramadan telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan Pemerintah Provinsi. Pada tahun lalu, Pasar Wadai diselenggarakan di kawasan Siring Nol Kilometer Jalan Sudirman, depan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

Lihat Juga :  Panen Jagung Bersama PJ Gubernur Ismail Pakaya, Bupati Nelson Bangga Hasil Pertanian di Gorontalo Berkembang

Kepala UPTD Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suharyanti berharap Pasar Wadai Ramadan ini dapat membantu menggerakkan ekonomi masyarakat.

Khususnya UMKM yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman, serta bahan olahan lainnya untuk kebutuhan selama bulan puasa ini,” ujar Suharyanti yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Pasar Wadai Ramadan 1445 Hijriah.

Acara ini, ungkapnya, akan dibuka oleh Gubernur Paman Birin pada Selasa (12/3) sore, dengan penampilan kesenian Sinoman Hadrah.

“Paman Birin berharap kehadiran Pasar Wadai Ramadan ini dapat meningkatkan pendapatan pedagang dan membuat produk mereka lebih dikenal di masyarakat,” kata Suharyanti.

 

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *