DPR Nilai Basarnas Perlu Tingkatkan Kesiapsiagaan Selamatkan Masyarakat Korban Bencana

DPR Nilai Basarnas Perlu Tingkatkan Kesiapsiagaan Selamatkan Masyarakat Korban Bencana
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal
120x600
a

JAKARTA, otonominews.id – Wakil Ketua Komisi V RI Muhammad Iqbal mengingatkan Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menyelamatkan masyarakat yang menjadi korban bencana, terutama di daerah-daerah rawan bencana.

Pasalnya, kata Iqbal, beberapa waktu terakhir ini banyak terjadi bencana yang melanda Indonesia.

“Kita tahu Pak Kusworo (Kepala Basarnas), akhir-akhir ini terjadi banyak bencana, seperti di Sumatera Barat. Kami berharap Basarnas itu dapat selalu siap,” ujar Muhammad Iqbal selaku pimpinan rapat ketika menyampaikan kesimpulan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR dengan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo di Senayan, Jakarta, Kamis (14/3/2024).

Lebih lanjut, komisi V DPR RI juga meminta agar Basarnas meningkatkan pembinaan dan pelatihan potensi SAR untuk mendukung penyelamatan dan evakuasi korban dalam operasi SAR.

Selain itu, dalam kesimpulan tersebut, Komisi V DPR RI juga meminta Basarnas agar melakukan perawatan secara berkala terhadap sarana dan prasarana yang digunakan untuk mencari ataupun menyelamatkan para korban dari suatu kejadian atau bencana.

r
Lihat Juga :  Ribuan PPDS Alami Depresi, DPR Desak Pemerintah Perhatikan Aspek Kesejahteraan dan Keamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *