Tiga Gubernur Sumbar Hadiri Peresmian Mesjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Gunawan Fauzi, Irawan Prayitno, dan Mahyeldi Ansharullah

Tiga Gubernur Sumbar Hadiri Peresmian Mesjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi
120x600
a

PADANG, OTONOMINEWS.ID – Tiga orang yang pernah menjabat Gubernur , yakni Gunawan Fauzi, Irawan Prayitno, dan , meresmikan Masjid ikonik yang diproyeksikan menjadi pusat pembelajaran adat dan agama di resmi menyandang nama Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

“Pada peringatan tahun baru 1 Muharram 1446 H, nama masjid ini secara resmi adalah Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumatera Barat,” kata , Mahyeldi Ansharullah di Padang, Minggu(7/7).

Mahyeldi menyampaikan hal itu saat prosesi peresmian nama masjid yang dihadiri langsung oleh 58 orang keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Ia mengatakan masjid yang berdiri di atas lahan seluas ±7,5 hektar tersebut awalnya digagas oleh Gubernur Sumbar periode 2005-2009, Gamawan Fauzi pada
2006.

Masjid itu diproyeksikan menjadi sebuah kawasan Islamic Center di
Ibukota Provinsi Sumbar di Padang. Saat itu, belum ada islamic center yang representatif di Padang.

Desain bangunannya kemudian disayembarakan dan dimenangkan oleh Arsitek Rizal Muslimin, sedangkan pelaksana pembangunan oleh Total Bangun Persada.

Desain arsitektur masjid ini unik, terinspirasi dari bentuk bentangan kain yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk mengusung batu Hajar Aswad dan sudut lancip keempat tiangnya sekaligus mewakili ciri khas gonjong Rumah Gadang.

r
Lihat Juga :  Lima Puluh Kota Diproyeksikan Menjadi Pusat Perekonomian di Utara Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *