Hasto: Pengasingan Bung Karno di Ende Menyiratkan Pesan Api Perjuangan Harus Terus Menyala

Banteng Terluka, Tetap Tahan Banting

Hasto: Pengasingan Bung Karno di Ende Menyiratkan Pesan Api Perjuangan Harus Terus Menyala
Sekjen PDIP memberi semangat para kader di Ende, NTT (Foto: Tim Media PDIP, Ist.)
120x600
a

, OTONOMINEWS.ID – Sekretaris Jenderal menyebut perjuangan Proklamator RI Soekarno atau selama diasingkan pemerintah kolonial Belanda di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiratkan pesan penting.

Sebab, kata dia, Bung Karno tetap bergerak memperjuangkan kemerdekaan ketika dalam pengasingan di Ende.

Hasto berbicara demikian saat berpidato dalam acara silaturahmi di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ende, Jalan Eltari, Ende Tengah, NTT, Sabtu (1/6/2024). Ratusan kader tampak hadir dalam silaturahmi itu.

“Pesan moral dari Bung Karno adalah Indonesia boleh saja dimatikan oleh kolonialisme Belanda, boleh saja Bung Karno dijauhkan dari rakyatnya, tetapi api perjuangan itu terus menyala-nyala,” kata alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu, Sabtu.

Hasto mengingatkan kader PDI Perjuangan tidak gampang mengeluh ketika mewujudkan cita-cita dengan berkaca ke perjalanan hidup Bung Karno selama di Ende.

“Dari bumi Ende ini kita bisa mendapatkan kisah tentang anak muda yang progresif revolusioner yang kalau dibayangkan kita dibuang di sini dari kota besar di Bandung, tiba-tiba dibuang di sini, tidak punya sanak saudara, lalu Bung Karno menggalang dari tiga orang menggelorakan semangat juang di bumi Ende ini. Itulah jiwa perjuangan. Jiwa itu yang harus kita miliki,” katanya.

r
Lihat Juga :  DPR Nilai Basarnas Perlu Tingkatkan Kesiapsiagaan Selamatkan Masyarakat Korban Bencana