Meisa Reresimi: Enterpreneur Ciptakan Manusia Unggul

120x600
a

JAKARTA.OTONOMINEWS.ID – Seminar Entrepreneur membahas mengenai usaha kreatif untuk kalangan anak muda melalui digital marketing dan memotivasi berwirausaha yang saat ini banyak dilakukan oleh para pelaku wirausaha, dibahas bersama mahasiswa bidang Ekonomi dan Kewirausahaan.

Seminar Entrepreneur ini, diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta, Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan yang berlangsung di Aula lt.2 Kampus ll, Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta, Sabtu (27/05/2024).

Seminar ini menghadirkan pembicara dari kalangan praktisi dan akademisi, seperti Ketua DPW Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraf) yang juga anggota DPRD DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah, SE, M.Sc.,
Managing Director PT Arli Pratama Abadi – Industrial Technology Solution, Director Executive Midong Mine USA & CEO Cahaya Putra Perkasa Oil and Gas., Dr (c). H. Meisa Reresimi, SE, MM., dan Dosen FEB UTM Jakarta & Pengusaha Bidang Valve Kontraktor Mecanikal Elektrik Plambing., Dr. H. Rama Yuli, SE, MM., yang dibuka oleh Rektor Universitas Teknologi Muhammadiyah Jakarta Prof. Dr. Suradika M.Pd.

Dalam kesempatan itu, Dr (c). Meisa Reresimi, SE, MM., selaku narasumber dari Universitas Pakuan Bogor yang juga Praktisi, mengajak para mahasiswa untuk menjadi entrepreneurship atau kewirausahaan, yang didukung dengan ilmu yang di dapat selama kuliah, tentunya para mahasiswa tersebut harus memiliki kepercayaan diri sendiri.

Meisa Reresimi menyebutkan digital marketing itu sangat penting, dimana dari kegiatan penjualan melalui saluran digital, maka dapat terkoneksi dengan platform digital seperti contoh Tokopedia, Shoppe dan Lazada.

Untuk itu lanjut Meisa Reresimi, seorang mahasiswa ilmu manajemen bila sudah menyelesaikan studinya, maka mahasiswa tersebut memiliki konsep yang dinamakan entrepreneurship atau kewirausahaan.

“Menjadi wirausaha itu kuncinya inovatif atau dapat mengubah wujud, juga kreatif dimana dari yang tidak ada menjadi sesuatu yang menghasilkan. Oleh sebab itu kita harus memahami dulu yang namanya kreatif dan inovatif,” kata Meisa Reresimi.

Lanjutnya, setelah memahami kreatif dan inovatif maka berlanjut ke digital marketing dan e-commerce. Dimana e-commerce ini dapat menjadi peluang besar bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, serta memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan pasar global, sehingga peluang tersebut bisa menembus ekspor.

Meningkatnya bisnis melalui e-commerce, disebabkan karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Tentunya yang namanya kewirausahaan itu pastinya harus menguasai marketing mix, atau Place (Tempat), Product (Produk), Promotion (Promosi), Price (Harga), ungkapnya.

“Untuk itu marketing mix harus dikuasai oleh pelaku usaha, sebab kalau tidak dikuasai atau dipahami, maka bila pelaku usaha tersebut terjun langsung kedunia usaha, modal yang dimilikinya akan habis sia-sia, untuk itu pemahaman yang namanya marketing mix itu penting,” paparnya.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 1 =