Sambut Bulan Ramadan, Nagari Pangkalan Laksanakan Kegiatan Potang Balimau

Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam kegiatan Potang Balimau beserta undangan di Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota. (Foto: Ist)
120x600
a

Lima Puluh Kota, Otonominews.id–Potang Balimau menjadi agenda rutin kegiatan keramaian alek nagari Pangkalan dalam menyambut bulan Ramadhan. Bahkan kegiatan ini sudah masuk pada kalender Pariwisata Sumatera Barat.

Meski cuaca mendung dan sesekali diguyur hujan, Ribuan warga Pangkalan tampak bersuka cita memadati pinggiran sungai Batang Maek, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota sepanjang Minggu (10/03/2024).

Kehadiran warga itu, tak lain untuk menyaksikan, dan ikut menyemarakkan

Tidak hanya warga Pangkalan, para perantau dan masyarakat dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan provinsi tetangga ikut mandi bersama dan saling bersilaturahmi satu sama lain.

Keceriaan dan kemeriahan acara jelas terlihat di wajah warga, terlebih, tahun ini perayaan Potang Balimau dibuka oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo. Turut hadir dalam pembukaan Potang Balimau, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, unsur Forkopimda dan Sejumlah Kepala OPD Limapuluh Kota.

Kegiatan potang balimau menjadi tradisi yang selalu dinantikan oleh masyarakat Pangkalan Koto Baru baik dari kampung maupun perantauan. Sejumlah rangkaian acara turut menyemarakkan Potang Balimau, diantaranya arak-arakan kapal hias berbagai macam bentuk, berbagai perlombaan, turnamen dan penyambutan PKP Pulang Basamo dan serangkaian pertunjukan disuguhkan.

Dikatakan Bupati, kegiatan Potang Balimau merupakan ajang silaturahmi dan mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H.

“Terselenggaranya Potang Balimau diharapkan dapat mempertahankan tradisi turun temurun Nagari Pangkalan dan akan meningkatkan semangat kebersamaan disamping memotivasi generasi muda melalui adat dalam menyambut bulan suci Ramadhan dengan atraksi wisata baik itu Mimbau Tigo Alua, Selaju sampan, Pidato Adat, dan Lomba Qasidah,” ujar Bupati Safaruddin.

Bupati Safaruddin mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesarnya atas terselenggaranya Iven Potang Balimau tahun 2023 dan dapat jadi prioritas Pariwisata nasional kedepan. (Delfitra)

r
Lihat Juga :  RPJPN Jadi Pedoman Pemerintah  Menyelenggarakan Pembangunan 20 Tahun Ke Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *