Peresmian Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pulau Gangga

Peresmian Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pulau Gangga, Minahasa Utara, Selasa (12/3/2024).
120x600
a

Minahasa Utara, Otonominews.id – Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Pulau Gangga di Kabupaten Minahasa Utara telah diresmikan sebagai Jemaat penuh di Daerah Misi Pelayanan Minahasa Utara dan Kota Bitung, Selasa (12/03/2024)

Hadir dalam peresmian Pdt. Larry Raranta Ketua GMAHK Misi Daerah Minahasa Utara dan Bitung, Stanly Kuhu Bendahara GMAHK Daerah Misi Minahasa Utara dan Kota Bitung, Pdt. Yupiter Kalendonu Direktur Kesehatan,
Edward Taliwongso Direktur SS/PP
Pdt. Fanny Wawondatu Direktur Penatalayanan, Pdt. Jeanry Manembu Direktur Penerbitan, Ibu Ester Sutomo Muntuuntu Direktur Pendidikan, Jemaat Pioneer Sario Manado, Jemaat Langsa, Jemaat Berea, Pemerintah Pulau Gangga, Tokoh Agama dan masyarakat Pulau Gangga

Dalam Peresmian Jemaat Pulau Gangga, Ketua Jemaat Pioneer Sario Ibu Sientje Wewenangkang Nangoy menyampaikan sejarah singkat Jemaat Pulau Gangga.

Inisiatif awal datang dari keluarga Jemaat Pioneer Sario Pakasi Weol. Selama dua tahun 2010-2011 dalam pelayanannya pada akhirnya 2011 ditangani dan dilayani oleh jemaat Pioneer Sario. Tahun 2012 anggota yang dilayani 4 anggota baptis.

Dalam pelayanan ada dua orang missionaris kesehatan yang di tempatkan pulau Gangga. Kemudian pada 15 Januari 2012 ditetapkan sebagai Sekolah Sabat cabang dan dilaksanakan Ibadah KKR, pelayanan kesehatan. Dalam perjalanannya Jemaat menyediakan tanah dengan inisiatif dari sdr. Kiki Pagula pada tahun 2015.

Sejak 2015 pelayanan dilakukan oleh Pdt. Sampelan Sompie bekerja sama dengan Jemaat Wineru. Bersama dengan jemaat Wineru secara bergantian melakukan pelayanan di Sekolah Sabat Pulau Gangga, dan pembangunan tempat ibadah dengan inisiatif dari jemaat Wineru. Serta Peletakan batu pertama Gereja ini oleh Pdt. Lery Raranta dan sebentar Pdt. Raranta akan meresmikan Perkumpulan Pulau Gangga ini menjadi Jemaat Mandiri Gereja Masehi Pulau Gangga.

Lihat Juga :  Jelang Idul Fitri 1445 H, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Pasar Murah.

Jemaat Wineru langsung membangun gereja dengan membuat pondasi gereja. Pada tahun 2021 Pdtm. Frengky Lampeang ditugaskan sebagai Pdtm. di perkumpulan pulau Gangga.

Pada tahun 2022 dimulai pembangunan tempat ibadah Pulau Gangga. Maka terus berkembang, pada 1 Februari 2022 ditingkat menjadi perkumpulan pulau Gangga.

Sejak melayani 2011 hingga 2022 bisa di organisir menjadi Perkumpulan. Jemaat Pioneer Sario melakukan KKR pada tahun 2022 yang disambut sangat baik oleh masyarakat pulau Gangga.

Sejak tahun 2022 sudah dipersiapkan menjadi Jemaat penuh dan pada hari ini (12/03/2024) ditetapkan menjadi Jemaat Penuh.

Setelah ini jemaat Pioneer Sario akan melakukan pengembangan pelayanan ke Pulau Talise.

Sejak dimulainya pelayanan di pulau Gangga beberapa Pdt yang sudah melakukan pelayanan antara lain Pdt. Salindeho, Pdt Kasenda, Pdt Reza Liwe, Pdt. Sampelan Sompie. Pdt. Ontolay, Pdt. Koloay, Pdt Rio Lego, Pdt. Anggrinal Wongkar dan Pdt. Juan Maleke dan Pdtm. Frengky Lampeang sebagai Pdt yang ditempatkan secara penuh di Pulau Gangga.

Dalam pelayanannya dalam Peresmian perkumpulan Pulau Gangga menjadi Jemaat Penuh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Pdt Raranta menyampaikan Anggota sudah memenuhi syarat untuk diorganisir menjadi Jemaat Pulau Gangga sesuai dengan ketentuan jemaat.

Pdt. Raranta juga menyampaikan terima kasih kepada Jmaat Pioneer Sario dan akan menebarkan pelayanannya lagi ke pulau Talise. Dan terus mendukung pelayanan di Misi Pelayanan Minut Bitung.

Biarlah kita dipakai terus untuk pekerjaan Tuhan untuk melayani masyarakat Pulau Gangga agar masyarakat dapat menerima Injil kebenaran.

Dalam Firman yang di kutip dalam 1 Petrus 2 : 8-9.

Tetapi jika kamu lah bangsa yang terpilih. Banyak yang terpanggil sedikit yang terpilih. Imam-imam yang telah dipilih oleh Tuhan. Iman itu sebagai juru bicara Allah untuk menyampaikan firman Tuhan. Kita tidak luput dari kekurangan tapi Tuhan telah memanggil kita untuk melakukan pelayanan Kudus.

Lihat Juga :  Hujan di Jakarta Akbat Jakarta Banjir Pada Jumat Dini Hari, Belasan Ruas Jalan Tegenang Banjir¬†

Kita ini kepunyaan Allah kita tidak perlu ragu. Mari kita beritakan Firman-Nya dengan penuh tanggung jawab yang sudah dipanggil dan ditebus oleh Tuhan menjalankan amanat yang Agung.

Dalam kutipan selanjutnya Yesaya 42:6 Pdt. Raranta menyampaikan, Tuhan memanggil kita untuk maksud penyelamatan manusia. Gereja tugasnya untuk untuk membawa kabar ijin keselamatan bagi orang lain. Untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa.

Jagalah persatuan dalam berjemaat agar pondasi yang tersusun menjadi misi penyelamatan di Pulau Gangga.

Dengan Surat Keputusan daerah perkumpulan pulau gangga yang di bacakan oleh Pdt. Erward Taliwongso ditetapkan menjadi Jemaat 135 di gereja Advent Masehi Hari Ketujuh dari Misi Minahasa Utara Bitung dibawah asuhan Pdtm. Frengky Lampeang.

Jemaat Mandiri Pulau Gangga di Pimpin oleh Pdtm. Frengky Lampeang dengan Ketua Jhonly Mamosa, Loisa Amar Sekretaris dan Cristi David Bendahara Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Pulau Gangga.

Dalam peresmian Jemaat Pulau Gangga ada dua lagu pujian koor yang dipersembahkan oleh Jemaat Pulau Gangga dan Koor Jemaat Pioneer Sario.

Dalam sambutannya Pdtm. Frengky Lampeang mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pimpinan pelayanan Misi Minut Bitung, Jemaat Pioneer Sario, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat Jemaat Langsa, Jemaat Gangga dan seluruh yang sudah mendukung pelayanan sehingga Perkumpulan Gereja Advent Hari Ketujuh Pulau Gangga dapat diresmikan menjadi Jemaat penuh Pulau Gangga yang mandiri hari ini.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *