Perbedaan Awal Puasa Ramadan, Kemenag Himbau Kedepankan Sikap Saling Menghormati

Perbedaan Awal Puasa Ramadan, Kemenag Himbau Kedepankan Sikap Saling Menghormati
Jubir Kemenag, Anna Hasbie.(Foto: Kemenag)
120x600
a

JAKARTA Otonominews.id – Awal hari dimulainya menjalankan ibadah puasa umat muslim di Indonesia selalu terjadi perbedaan antar Pemerintah dengan Muhammadiyah. Menyikapi perbedaan awal puasa 1445 H tahun ini, Kementerian Agama () mengimbau masyarakat untuk mengedepankan sikap saling menghormati.

Kemenag melalui Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie juga mengimbau dialog para pihak juga patut dikedepankan untuk bisa memahami dan saling berbagi informasi terkait argumentasi masing-masing dalam mengawali ibadah puasa.

Mayoritas umat Islam akan mengawali puasa Ramadan 1445 H pada 11 dan atau 12 Maret. Namun, Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah mengumumkan awal puasa Ramadan pada 11 Maret 2024.

Sedangkan Pemerintah baru akan menggelar sidang isbat awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024. Sidang akan memutuskan apakah puasa Ramadan tahun ini akan dimulai pada 11 atau 12 Maret.

Bahkan, ada kelompok jemaah yang sudah mulai puasa pada 7 Maret. Ada juga yang akan mulai berpuasa pada 10 Maret. Apapun itu, Anna Hasbie tetap menyarankan untuk tetap saling menghormati.

“Kita hormati pilihan dan keyakinan umat Islam dalam mengawali puasa Ramadan 1445 H/2024 M. Sikap saling menghormati perlu dikedepankan dalam menyikapi perbedaan,” sebut Anna di Jakarta, dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat (8/3/2024).

Dalam semangat saling menghormati itu, kata Anna, ruang dialog tetap harus dibuka. Sebab, ilmu pengetahuan sudah semakin maju dan berkembang, termasuk terkait astronomi. Penentuan awal bulan Hijriyah bisa didekati secara empiris melalui hisab dan atau rukyatul hilal, tidak semata berdasar keyakinan spiritual semata. Sehingga, argumentasinya juga ilmiah.

“Kemenag terus membuka ruang dialog dan diskusi terkait penentuan awal Ramadan. Dari situ diharapkan akan terjadi proses tukar informasi dan pemahaman terkait pilihan dalam mengawali puasa Ramadan,” ujarnya.

r
Lihat Juga :  Sambut Bulan Puasa, Laznas IZI Kembali Luncurkan Program Booking Berkah Ramadan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *