Gelar Public Expose dan IZI Award, Laznas IZI Ungkap Dampak ZIS yang Disalurkan untuk Dhuafa

IZI Awar
Kegiatan Public Expose dan IZI Award/otn
120x600
a

JAKARTA, Otonominews.id – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengelar public expose dan pemberian penghargaan IZI Award yang berlangsung di A-One Hotel, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Kegiatan yang bertemakan Inspirator Kebajikan tersebut bertujuan untuk memaparkan hasil dari program-program yang telah sukses dijalankan oleh IZI selama tahun 2023 dan memberikan apresiasi kepada donatur dan mitra yang telah memberikan banyak dukungan kepada IZI.

Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana mengukapkan bahwa selama tahun 2023, IZI telah hadir bersama dengan masyarakat Indonesia dari kota sampai ke daerah pelosok untuk memberikan bantuan dengan berbagai macam program-program mulai dari aspek ekonomi, pendidikan, sosial, kesehatan, maupun program dakwah dan pembinaan.

“Bersama dengan para donatur dan mitra-mitra IZI, kami bekerja sama memudahkan masyarakat kurang mampu agar bisa hidup dengan layak lewat program-program yang dibuat oleh IZI,” kata Wildhan.

Acara Public Expose ini, lanjut dia, memperlihatkan apa saja dampak zakat yang telah diberikan oleh para donatur dari kegiatan dan program-program yang selama ini IZI lakukan.

Melalui survei kaji dampak zakat dengan model Center for Islamic Business and Economic Studies (CIBEST) dan Social Return on Investment (SROI), menunjukkan bahwa program bantuan zakat produktif bagi pemberdayaan mustahik secara terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan yang cukup signifikan bagi para mustahik baik dari sisi materiil dan spiritual.

Dalam survei juga menunjukkan, bahwa rata-rata pendapatan mustahik sebelum dibantu yaitu Rp 2.841.933 dan setelah dibantu program zakat produktif oleh Laznas IZI meningkat menjadi Rp 4.537.226.

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan IZI dapat terus diberikan kepercayaan oleh para donatur dan mitra untuk selalu memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Lihat Juga :  Berbeda dari Ramadhan Sebelumnya, Tahun Ini Alya Rohali Kombinasikan Penyaluran Zakatnya dengan 2 Cara

“Semoga program-program IZI juga akan terus berjalan dan semakin berkembang kedepannya,” ujar Wildhan.

Sedangkan khusus di Ramadhan ini, Laznas IZI menggulirkan program Booking Berkah Ramadhan. Salah satu program utamanya adalah penyediaan kebutuhan pokok keluarga dhuafa sejak hari pertama Ramadhan selama sebulan.

“Kampanyenya sudah kami gulirkan sejak awal bulan Sya’ban karena diharapkan masuk hari pertama bulan Ramadhan di rumah-rumah keluarga duafa sudah tersedia kebutuhan untuk sahur dan berbuka sampai nanti hari lebaran,” pungkas Wildan.

Ada pun terkait IZI Award 2024, beberapa perusahaan, lembaga dan tokoh yang mendapat penghargaan diantaranya adalah, Kategori Inspirator Taat Berzakat ZIS; Rohis Lintasarta, PT. Paragon Corp, Dr Yuanita Rohal, Yovita Savitri. Kategori Perusahaan Daerah Inspirator Kebajikan; PT PLN Indonesia Power UBP Semarang.

Kategori Perusahan Pertumbuhan ZIS Terbaik; PT. Bank Panin Dubai Tbk, RS Harapan Bunda, PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, PT Gunung Sulah Medika. Kategori Perusahaan Peduli Kesehatan Terbaik; YBM PLN Pusat.

Kategori Perusahaan Pengelolaan ZIS Terbaik; UPZDK Permata Bank Syariah, Rohis GMF AeroAsia, Majelis Taklim XL. Kategori Peursahaan Zakat Payrol Karyawan Terbaik; RS Yarsi, Rohis PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk.

Kategori IZI Point Pertumbuhan ZIS Terbaik; Al Auliya Peduli Yayasan An Nahl Balikpapan, RS Dewi Sri, Kategori IZI Point Harapan; Izin Point Binal Amal, Yayasan Darul Qur’an Mulia. Kategori IZI Point Pengelolaan ZIS Terbaik; DKM As-Syifa RSCM dan SBZ BJB Syariah.

Sedangkan kategori Partner E-Commerce ZIS Terbaik adalah Tokopedia. Dan Kategori Partner Croudfanding Terbaik dianugerahkan kepada Kita Bisa.com serta PT Barokah Inovasi Teknologi.[***]

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *