Mendagri: Fokus Kembangkan SDM, Kepala Daerah di Sulteng Jangan Terlena dengan Kekayaan Sumber Daya Alam

Mendagri: Fokus Kembangkan SDM, Kepala Daerah di Sulteng Jangan Terlena dengan Kekayaan Sumber Daya Alam
Mendagri Tito Karnavian memimpin Rakor Kepala Daerah se-Sulteng di Kantor Gubernur Sulteng, Selasa 5 Maret 2024.(Foto: Kemendagri)
120x600
a

SULAWESI TENGAH Otonominews.id se-Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) diminta fokus mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Menteri Dalam Negeri () Muhammad menekankan bahwa hal ini penting diperhatikan pemerintah daerah () Sulteng, agar tak hanya mengandalkan, dan terlena terhadap berbagai kekayaan sumber daya alam.

Karena itu, pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Provinsi Sulteng Tahun 2024 di Kantor Gubernur Sulteng, Palu, Selasa (5/3/2024). Mendagri meminta Pemda memperkuat kebijakan pengembangan SDM, diantaranya melalui bidang pendidikan maupun kesehatan.

“Mohon betul, karena yang paling utama saya kira untuk daerah berkembang, lompatannya bukan pada sumber daya alam tapi pada SDM,” jelas Mendagri.

Negara yang berhasil maju meski tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, menurut Mendagri, dapat tercapai salah satunya karena memperhatikan kualitas SDM. Ia mencontohkan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki perhatian terhadap upaya penguatan SDM dengan memfasilitasi pendidikan dan kesehatan.

“Sulteng boleh kaya akan sumber daya alam, boleh kaya dengan nikelnya, tanah yang subur, danau Posonya, lautnya yang indah, dan seluruh produk-produk agriculture maupun maritim, tapi kalau seandainya tidak diawaki oleh sumber daya manusia yang unggul, yang terdidik, terampil, dan sehat, maka akan menjadi penonton di kampung sendiri, kalah dengan pendatang nantinya,” jelasnya.

r
Lihat Juga :  Undang Kandidat Kepala Daerah Halal Bihalal, Ini Sikap PAN Hadapi Pilkada 2024 Kota Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *