Dinas SDA Tepis Informasi Banjir Jakarta Karena Sumur Resapan yang Ditutup

Pj Gubernur Heru
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Plt Kadis SDA, Ika Agustin Ningrum/doc. Pemprov DKI.
120x600
a

JAKARTA, Otonominews.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (Kadis SDA) Ika Agustin Ningrum menepis informasi media sosial (medsos) yang menyebutkan banjir di Jakarta akibat ditutupnya sumur resapan.

Menurut dia informasi tersebut kurang tepat, pasalnya saat ini pihak tidak ada penutupan terhadap sumur resapan, apabila sumur resapan tertup dikarenakan adanya pemeliharaan oleh pihak SDA. 

“Dinas SDA tidak ada memerintahkan untuk melakukan penutupan sumur resapan di jalan. Apabila ada sumur resapan yang tertutup, kami akan lakukan pengecekan untuk pemeliharaan sehingga sumur resapan dapat berfungsi seperti seharusnya dengan memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” tegas Ika dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/3/2024).

Ika menegaskan, Pemprov DKI melalui SDA berkomitmen untuk menanggulangi banjir, salah satunya adalah dengan tetap menganggarkan biaya pemeliharaan sumur resapan di setiap Suku Dinas SDA yang ada di lima wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta.

Perlu diketahui, kejadian banjir di Jakarta beberapa waktu lalu terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya adalah curah hujan yang ekstrem dalam durasi waktu yang cukup lama, sehingga melebihi kapasitas tampung drainase yang ada.[Aldi]

r
Lihat Juga :  Terkait Polemik Rusun Kampung Bayam, Pj Gubernur DKI Persilahkan Komnas HAM Menjembatani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *