Pemprov Sumbar Punya Strategi Khusus Tekan Inflasi Saat Ramadan

Gubernur Mahyeldi Ikut Rakornas di Kementerian Dalam Negeri

Pemprov Sumbar Punya Strategi Khusus Tekan Inflasi Saat Ramadan
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.
120x600
a

Jakarta, otonominews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), , bersama Tim Pengendali Daerah (TPID) Sumbar menyiapkan strategi khusus untuk menekan laju inflasi saat bulan suci yang diperkirakan sudah mulai pada 10 atau 11 Maret 2024.

Inflasi sendiri potensial terjadi seiring adanya lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat di .

“Untuk menekan laju inflasi dan lonjakan harga di Sumbar, kita bersama TPID telah menyiapkan sejumlah kebijakan strategis. Direncanakan, dalam waktu dekat beberapa di antaranya akan segera kita eksekusi. Ada yang sifatnya solusi jangka pendek, dan ada yang jangka panjang,” ujar Mahyeldi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Mahyeldi usai mengikuti rapat koordinasi nasional (rakornas) terkait pengamanan pasokan dan harga pangan menjelang Ramadan dan Idulfitri tajun 2024 yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (), Tito Karnavian di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Gubernur mengurai, sejumlah kebijakan yang telah disiapkan tersebut ada yang bersifat jangka pendek dan ada yang untuk jangka panjang. Khusus untuk jangka pendek antara lain, melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok yang tersedia di pasaran, melaksanakan operasi pasar, dan melaksanakan sidak pasar agar tidak ada distributor yang melakukan penimbunan barang.

Sementara untuk kebijakan jangka panjang antara lain, melakukan pencanangan gerakan menanam, memanfaatkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk mengendalikan dampak inflasi, serta memastikan kelayakan infrastruktur jalan di Sumbar untuk kelancaran arus barang.

r
Lihat Juga :  Kota Jambi Kembali Raih Piala Adipura, Ini Kata PJ Walikota Jambi Sri Purwaningsih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *