Hasil Quick Count, Prabowo-Gibran Penuhi 3 Syarat Menang Satu Putaran Berdasarkan UU Pemilu

Penayangan hasil quick count di
120x600
a

JAKARTA, Otonominews.id – Hingga berita ini diturunkan, hasil perhitungan suara berdasarkan quick count dari sebagian lembaga survey rata-rata sudah mencapai 90 persen. 

Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenuhi 3 syarat untuk menang satu putaran berdasarkan Undang-Undang Pemilu. 

Bedasarkan Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, apa bila Pilpres diikuti oleh lebih dari dua pasang Capres-Cawapres, maka pemenang yang menang dalam satu putaran harus memenuhi tiga syarat kemenangan.

Syarat tersebut tercantum dalam Pasal 416 ayat 1 UU Pemilu soal syarat Pilpres bisa berlangsung satu putaran. Ada pun syarat yang dimaksud dari pasal tersebut adalah: 

1. Suara Satu Paslon Lebih dari 50 Persen.
Pemilu bisa berlangsung satu putaran meskipun ada tiga pasangan calon yang ikut pemilihan bisa terjadi jika salah satu paslon memperoleh suara lebih dari 50 persen.

2. Mengantongi Kemenangan di Lebih dari Setengah Provinsi yang Ada di Indonesia.
Kandidat harus menang di lebih dari setengah provinsi yang tersebar di Indonesia. Dengan kata lain, paslon tersebut harus menang minimal 20 dari 38 provinsi di Indonesia.

3. Meraih 20 Persen Suara dari Setengah Provinsi Indonesia.
Kandidat juga harus meraih minimal 20 persen suara dari setengah provinsi di Indonesia.

Dan berdasarkan hasil qiuck count, Pasangan Capres nomor urut 2, Prabowo-Gibran berhasil memenuhi syarat dari Pasal 416 ayat 1 UU Pemilu tersebut.

Untuk syarat pertama, Prabowo-Gibran berhasil unggul dari pasangan Capres dan Cawapres lainnya dengan perolehan suara mencapai rata-rata 57 persen suara.

Untuk syarat kedua berdasarkan hasil qiuck count, Prabowo-Gibran juga berhasil menang di lebih dari 20 provinsi di Indonesia. Ini artinya, pasangan Capres npmor urut 2 tersebut berhasil unggul di lebih dari setengah Provinsi di Indonesia.

Lihat Juga :  Dukung Penguatan HKPD, Sultan: Kenaikan 40-75 Persen Pajak Hiburan Perlu Dikaji Ulang

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua juga berhasil memenuhi syarat ketiga dari Pasal 416 ayat 1 dari UU Pemilu, dimana Prabowo-Gibran berhasil meraih suara di atas 20 persen di lebih dari setengah Provinsi yang ada di Indonesia.

Namun demikian, Hasil quick count yang berasal dari lembaga survei bukanlah hasil perhitungan resmi Pilpres 2024. Hasil suara resmi tetap menunggu perhitungan suara manual oleh KPU.[***]

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *