Dies Natalis ke-68, Dirjen Dukcapil Dorong Lulusan IPDN Berdaya Saing Hadapi Era Digital

Dies Natalis ke-68, Dirjen Dukcapil Dorong Lulusan IPDN Berdaya Saing Hadapi Era Digital
Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi da, Rektor IPDN Hadi Prabowo pada DIes Natalis IPDN, Senin 16 Maret 2024.(Foto: Kemendagri)
120x600
a

BANDUNG Otonominews.id – Direktur Jenderal Kependudukan Catatan Sipil Kementerian DalmaNageri ( ) Teguh Setyabudi berharap IPDN terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan demi menghadapi perkembangan yang dinamis baik di tingkat regional, nasional, hingga global.

Hal ini disampaikan Teguh saat menghadiri hari jadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), yang ber-Dies Natalis ke-68 di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (18/3/2024).

Seiring ucapan selamat atas hari jadi IPDN, Dirjen Teguh juga berharap IPDN terus berjaya dan sukses sebagai sekolah pencetak kader Pamong Praja yang smart dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

“Yakni, IPDN yang memiliki daya saing untuk mengabdikan diri bagi negara dan masyarakatnya di tengah era digital,” kata Dirjen Teguh.

Sementara Rektor IPDN, Prof. Dr. H. Hadi Prabowo, pada kesempatan itu menyampaikan harapannya, agar seluruh kader pemerintahan selalu siap dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi.

Hal ini, menurut Hadi, selaras dengan fenomena bahwa transformasi pemerintahan digital terus berkembang. Transformasi pemerintahan digital, kata dia, merupakan tuntutan perkembangan global yang mengharuskan seluruh pemerintahan negara di dunia untuk dapat menyesuaikan diri dan mengadopsi sistem baru yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat.

“Fakta inilah yang membuat kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang berubah sangat cepat dan radikal, khususnya dalam menghadapi dinamika pemerintahan dan pelayanan publik di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” kata Hadi saat memberikan orasi ilmiah bertema “Pengembangan Kompetensi Kader Pemerintahan di Era Digitalisasi Guna Memperkuat Daya Saing serta Memantapkan Persatuan dan Kesatuan”.

Ia menambahkan, di era gempuran teknologi ini, diperlukan kader pemerintahan yang handal dan adaptif serta dapat memberikan implikasi terhadap cara bekerja yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

r
Lihat Juga :  Bukber dengan Apkasi, Mendagri Ingatkan para Bupati Perhatikan Ketersediaan Pangan dan Keamanan Arus Mudik Lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *