Lanjutkan Rekapitulasi Suara, KPU Kota Bekasi Optimis Malam Ini Selesai

Sempat Ditunda 3 hari karena 3 Kecamatan Belum Selesai

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa.(Foto: Istimewa)
120x600
a

BEKASI Otonominews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi kembali melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2024, Selasa 12 Maret 2024, setelah sebelumnya sempat menunda selama tiga hari.

Ketua KPU Kota Bekasi Ali Syaifa mengungkapkan, penundaan yang dilakukan pihaknya, lantaran ada tiga kecamatan atau PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara. Maka KPU menunda selama tiga hari, Sabtu, Minggu hingga Senin 11 Maret 2024, dan hari ini, Selasa 12 Maret 2024 kembali melakukan rekapitulasi.

“Sempat kami skors ya Sabtu sampai Minggu, sudah berjalan [hari ini], tiga Kecamatan sudah menyelesaikan perhitungan masing-masing,” ujar Ali kepada awak media, Selasa (12/2/2024).

Tiga Kecamatan yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara tersebut, lanjut Ali, adalah yang memiliki jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) besar, yakni Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi Utara, dan Bekasi Timur,

“Ditunda murni karena alasan tiga kecamatan, di Kecamatan Bekasi Selatan, Utara dan Timur yang memiliki TPS besar, di Kecamatan Bekasi Utara ada 900-an, Bekasi Timur 770-an, dan Bekasi Selatan 700 sekian,” paparnya.

“Tiga kecamatan itu jumlah TPS ratusan, sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk proses perhitungan, jadi kami lakukan skorsing,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, di kecamatan-kecamatan itu juga, ada yang dilakukan penghitungan ulang, lantaran ditemukannya perbedaan data.

“Banyak terjadinya perbedaan data pada rekapitulasi suara antara yang ada disalinan dengan C Plano, jadi untuk memastikan akurat beberapa TPS dilakukan penghitungan ulang,” ujarnya.

Ali pun mengaku optimis, malam ini proses rekapitulasi akan selesai, dan akan diserahkan ke KPU Jawa Barat, Rabu (13/3/2024).

“Seluruh PPK telah terkonfirmasi selesai, sampai malam kami selesaikan. Malam hari sudah bisa kami plenokan. Besok kami serahkan kepada KPU provinsi Jabar,” tandasnya.

r
Lihat Juga :  Prof Rokhmin Kagum UMC Terbaik dalam Mewujudkan Desa Wisata Unggul di Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *