Apel Siaga Bencana Diikuti Ratusan Pasukan Pelangi, Wali Kota Jakut: Komitmen Pemkot Hadapi Cuaca Ekstrem

Wali Kota Jakut Ali Maulana memimpin Apel Siaga Bencana, yang diikuti 300 Pasukan Pelangi di Rumah Pompa Sentiong, Tanjung Priok, Jakarta Utara.Kamis 7 Maret 2024.(Foto: Pemprov DKI)
120x600
a

JAKARTA Otonominews.id – Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) berkomitmen untuk konsent dalam menghadapi cuaca ekstrem yang diperediksi bakal terjadi hingga Bulan April mendatang.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut Pemkot Jakut menggelar Apel Siaga Bencana, yang diikuti 300 Pasukan Pelangi di Rumah Pompa Sentiong, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Apel Siaga Bencana dipimpin langsung oleh Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana, Kamis 7 Maret 2024.

Dalam arahannya, Ali menyampaikan bahwa menghadapi terjadinya hujan ekstem, perlu dilakukan langkah antisipatif agar tidak terjadi banjir.

“Beberapa waktu lalu sempat terjadi hujan berkategori ekstrem yang mencapai 160 milimeter. Kita harus lebih antisipatif agar tidak terjadi genangan dan banjir,” ujarnya, Kamis (7/3).

Pada kesempatan tersebut, Ali juga mengapresiasi Pasukan Pelangi karena telah bekerja maksimal menjaga lingkungan.

“Apresiasi setinggi-tingginya apalagi saat terjadi hujan semua langsung turun. Bukan untuk berteduh, justru berkerja di lokasi masing-masing,” terangnya.

Ia mengingatkan, kesiapsiagaan tidak boleh surut dan semua pihak perlu melakukan respons cepat saat terjadi cuaca ekstrem untuk mengantisipasi banjir serta mitigasi potensi risiko yang timbul di permukiman warga, jalan lingkungan dan utama maupun tempat-tempat strategis.

“Saat Ramadan ibadah tetap berjalan, tapi tugas pokok dan fungsi jangan kendor. Justru karena puasa, kita tingkatkan supaya mendapat pahala berlipat,” ungkapnya.

Ali juga mengimbau agar petugas siaga bencana tetap menjaga kondisi kesehatan agar dapat bekerja maksimal. Karena itu, dalam apel Siaga Bencana hari itu juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian doorprize sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada Pasukan Pelangi.

“Apabila petugas dalam kondisi sehat, maka kinerja mereka juga akan lebih maksimal. Mari kita bangun sinergisitas yang baik dan semua bergerak,” ucapnya.

Lihat Juga :  Bertemu Tokoh Masyarakat Tanah Datar, Advokat Roni Pasla Bahas Masalah Hukum dan Adat

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara, Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan berkomitmen memperkuat kerja sama dengan seluruh unsur di Pemkot Jakarta Utara.

“Kami siap selalu bersinergi untuk Jakarta Utara yang lebih baik. Saya juga mengucapkan selamat karena Jakarta Utara berhasil.meraih Adipura kategori Kota Metropolitan,” tandasnya.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *