Kemenag Targetkan 1000 Kantin di Aceh Bersertifikasi Halal

Satuan Tugas Jaminan Produk Halal Kanwil Kemenag Provinsi Aceh melakukan pengecekan kehalalan jajanan kantin salah satu sekolah di Kota Langsa, Selasa 26 Februari 2024.(Foto: Kemenag)
120x600
a

ACEH Otonominews.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh menargetkan, sepanjang tahun 2024 ini sebanyak 1000 kantin sekolah-sekolah di Aceh bersertifikasi halal.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Satgas Jaminan Produk Halal Aceh, Dr H Alfirdaus Putra MA.

“Satgas Halal kemenag Aceh tahun ini berharap agar terdapat 30.000 produk yang disertifikasi halal. 1000 di antaranya merupakan sertifikasi kantin sekolah umum yang dimotori oleh para guru PAI (Pendidikan Agama Islam) dan Penyuluh Agama Islam,” kata Alfirdaus, dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (29/2/2024)

Untuk mencapai target itu, Satuan Tugas Jaminan Produk Halal Kanwil Kemenag Provinsi Aceh melakukan pengecekan kehalalan jajanan kantin sekolah-sekolah di Kota Langsa. Pengecekan halal ini berlangsung di 27 sekolah umum dari SD, SMP, SMA, dan SMK di Kota Langsa.

Pengecekan kehalalan kantin sekolah tersebut merupakan kerja sama Satgas Jaminan Produk Halal dengan Bidang Pendidikan Agama Islam dan Kementerian Agama Kota Langsa.

Sementara verifikasi halal ilakukan oleh Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam Pendamping Proses Produk Halal Kota Langsa.

Proses sertifikasi dimulai dengan pendataan dan verifikasi makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah. Kemudian, makanan dan minuman yang dipastikan halal baik secara komposisi bahan dan juga pengolahannya didaftarkan untuk disertifikasi.

Alfiradus menjelaskan, sertifikasi halal ini menghilangkan keragu-raguan atas jajanan yang dijual di kanti sekolah. Jajanan yang sudah diverifikasi, kata dia, nantinya akan diberikan label halal.

“Kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa apa yang dikonsumsi oleh pelajar bersumber dari makanan dan minuman yang halal,” tandasnya.

 

r
Lihat Juga :  Kesempatan Firli Buka Rencana Jahat Corruptors Strike Back Saat Dipanggil Dewas KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *