Implementasi Kampus Unggul, UPT IPI UPS Tegal Gelar Workshop Publikasi Ilmiah

120x600
a

TEGAL.OTONOMINEWS.ID –  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Inovasi dan Publikasi Ilmiah Universitas Pancasakti (UPS) Tegal berupaya mewujudkan epsisentrum keunggulan melalaui workshop publikasi ilmiah pada Jum’at, 31 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Dr. Taufiqulloh, M.Hum mengatakan dalam meneliti karir, seorang dosen harus secara konsisten meningkatkan kemampuan akademiknya. Salah satunya, dengan terus berkontribusi melalui publikasi artikel dalam jurnal ilmiah yang diakui baik di tingkat nasional maupun internasional.

Menurut Taufiqollah, indikator keunggulan personal dosen itu dilihat dari kontribusinya di tri dharma perguruan tinggi, dan poin penelitian menjadi episentrum keunggulan. Tentu, pengajaran dan pengabdian dalam tri dharma juga tak luput dari syarat karir dosen. Maka, kampus berkewajiban mewujudkan episentrum keunggulan yang merupakan potret kualitas sebuah Perguruan Tinggi.

Taufiqulloh pun mengapresiasi kehadiran pembicara seperti Prof. Dr Purwo Sasongko (Wakil Rektor 1 UPS Tegal) dan Dr. Fahrus Zaman Fadhly, S.Pd, M.Pd (Akademisi Universitas Kuningan/UNIKU).

Melalui workshop ini, Taufiqulloh berharap, bakal memacu semangat seluruh dosen untuk melakukan penelitian. Selain itu, kegiatan ini pun bakal ada lanjutan seperti coaching clinic selama 2 hari.

“Saya berharap Bapak/Ibu dosen terus semangat melakukan tugas tridharma, salah satunya penelitian yang merupakan tugas yang sangat penting. Insha Allah, akan ada coaching clinic khusus penulisan artikel dan siap dipublikasi. Kita bergandengan tangan untuk mewujudkan episentrum keunggulan itu,” ucap Taufiqollah.

Sementara, Kepala UPT IPI UPS Tegal, Yuni Arfiani, S.Pd.Si, M.Pd menyampaikan, melalui publikasi ilmiah, para dosen dapat membangun jaringan kolaborasi dengan sesama peneliti di dalam dan di luar institusi. Workshop ini juga memfasilitasi pertukaran ide, kerja sama, dan peningkatan akses terhadap sumber daya dan informasi yang diperlukan untuk penelitian.

Lihat Juga :  Cegah Perundungan di Sekolah, Legislator Nasdem Dorong Penguatan Peran Guru BK

Proses menulis dan mempublikasikan karya ilmiah juga merupakan bagian dari pengembangan profesional seorang dosen, karena melibatkan keterampilan seperti analisis data, penulisan akademis, peer review, dan berbagai aspek lain dari praktik penelitian yang penting untuk karier akademis.

lebih lanjut, Yuni menuturkan, UPT IPI UPS Tegal senantiasa memainkan peran penting dalam membantu dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

r

Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − 8 =