Petahana Gagal Dipilih, Erianto Mahmuda Tunjukan Jati Diri di Dapil Kota Padang II Kuranji

120x600
a

PADANG, otonominews.id – Calon anggota DPRD Kota Padang yang baru pertama bertarung di Pemilu 2024 ini, Erianto Mahmuda berhasil membikin keok caleg petahana di partai Golkar.

Padahal, caleg petahana DPRD Kota Padang, setiap tahunnya dibekali dana pokok-pokok pikiran sebesar Rp2,6 miliar untuk menampung aspirasi pemilihnya.

Bayangkan saja, sebagai caleg pendatang baru, Erianto Mahmud berhasil meraih kursi kedua, setelah PKS di daerah pemilihan (Dapil) Kota Padang II.

Merujuk hasil rapat pleno KPU Kota Padang yang berakhir pada Ahad, 3 Maret 2024, Erianto Mahmuda berhasil “menjahit” perolehan suaranya pada angka 4.739 suara dari total 9.912 pemilih partai Golkar di Kecamatan Kuranji.

Bahkan, pengusaha muda bidang konveksi ini, tercatat sebagai caleg ‘penantang’ baru dengan raihan suara caleg tertinggi di dapil tersebut.

Caleg petahana yang satu pertai dengan Erinato Mahmuda, Zulhardi Zakaria Latif hanya mampu meraih 3.439 suara.

Sedangkan caleg petahana yang gagal terpilih, seperti Yandri Hanafi dari PAN hanya meraup 1557 suara, Salimsa dari Partai Demokrat meraih 2.578 suara, Muzni Zen dari Partai Gerindra meraih 1.841 suara.

Sementara itu, caleg petahana di dapi Kota Padang II yang kembali lolos ke DPRD Kota Padang tertinggal jauh dari raihan suara Erianto Mahmud.

Jakfar dari PKS hanya meraih 2.909 suara dan Zalmadi, anggota DPRD Kota Padang dari Partai Berkarya yang pada pemilu 2024 mencalonkan diri dari PKB meraih 3.061 suara.

Sedangkan caleg non petahana yang berhasil lolos ke DPRD Kota Padang, seperti Usmardi Thareb (PAN) hanya meraih 2.676 suara, dan Wahyu Hidayat (Partai Gerindra) meraup 2.830 suara.

Demikian juga caleg pendatang baru, Muhammad Khalidi Al Khair (PPP) meraih 1.650 suara dan Buya Iskandar (Nasdem) meraup 2.119 suara.

r
Lihat Juga :  Keterwakilan Perempuan di Pileg 2024 Tak Sampai 30 Persen, KD Sesalkan Pelanggaran KPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *