Awal Ramadan 1445, Omzet Pedagang Pasar Ciracas Jaktim Naik 100 Persen

Penjual daging di Pasar Ciracas Jakarta Timur meraup untung pada Ramadan.(Foto: Istimewa)
120x600
a

JAKARTA Otonominews.id – Sudah menjadi tradisi menyambut bulan Ramadan mengawali hari pertama puasa dengan hidangan masakan yang lebih istimewa dari hari-hari biasa. Hidangan tersebut untuk dinikmati untukmakan sahur dan berbuka puasa.

Maka tak heran menjelang awal puasa, pasar tradisional dipadati pengunjung, khususnya yang ingin membeli daging, ayam, dan ikan-ikanan.

Seperti di Pasar Ciracas Jakarta Timur, omzet para pedagang di pasar itu meningkat sejak menjelang Ramadan 1445 Hijriah. Banyak warga yang datang ke pasar memilih daging atau ikan sebagai menu masakan sahur maupun berbuka. Bahkan kenaikan omzet mencapai 100 persen dibanding hari biasa.

Hal ini diakui Udin (42), salah seorang pedagang ikan di Pasar Ciracas yang mengaku, sejak jelang Ramadan, dalam sehari ia bisa menjual ikan Lele sebanyak 200 kilogram. Kemudian, ikan Nila, Mujair, dan Patin rata-rata 50 kilogram per hari.

“Peningkatan penjualan mencapai sekitar 100 persen dibandingkan hari biasanya. Alhamdulillah bulan puasa membawa keberkahan,” ucap Udin di Pasar Ciracas, dikutip dari Berita Jakarta, Selasa (12/3).

Untuk masing-masing harga ikan per kilogram yakni, Udin pun merinci, Lele dibandrol seharga Rp 28 ribu, Nila Rp 38 ribu, serta Mujair dan Patin Rp 35 ribu

“Jenis ikan ini yang banyak diburu pembeli untuk konsumsi selama Ramadan. Makanya pedagang memilih untuk menjual jenis ikan itu,” terangnya.

Hal senada diungkapkan pedagang lainnya, masih di Pasar Ciracas, Rahmat (45), Penjual daging sapi ini menuturkan, saat awal puasa kiosnya juga banyak dibanjiri pembeli.

“Tidak sedikit yang membeli dengan jumlah di atas satu kilogram, mungkin sekaligus untuk stok,” bebernya.

Menurutnya, harga daging murni yang biasa digunakan untuk semur Rp 140 per kilogram. Kemudian, daging tulang Iga Rp 90 ribu per kilogram, daging tulang biasa Rp 80 ribu per kilogram.

Lihat Juga :  Sidang Dugaan Korupsi Akuisisi SBS oleh BMI, Saksi dari JPU Untungkan Terdakwa

“Harga masih relatif stabil karena sejak pekan lalu masih sama harganya, belum ada kenaikan,” ucapnya.

Tingginya kebutuhan Komoditi daging, ikan, dan ayam untuk lauk saat Ramadan diakui pula oleh salah seorang pembeli di Pasar Ciracas, Nia (38).

“Anak-anak saya di rumah lebih suka mengkonsumsinya untuk menu buka puasa maupun sahur. Ada ayam, daging dan ikan, selebihnya untuk sayur apa saja bisa,” tandasnya.

r

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *